Menyusuri Kalate Ndira

Satu lagi keindahan alam tersembunyi di tanah Bima tercinta ini, yaitu suatu tempat terpencil namun menawarkan keindahan serta pengalaman yang tak terlupakan saat kita menjajakan kaki, perjalanan yang panjang serta medan yang berat semua itu akan terbayar saat Kita sampai ditujuan kita kali ini, yaitu di Kalate Ndira.
Kalate Ndira yaitu nama sebuah sungai yang berada di Desa Sie Kecamatan Monta Kabupaten Bima, Kalate yang berarti batu besar atau tebing batu sedangkan Ndira yaitu rata Jadi nama kalate ndira itu batu besar yang berbentuk rata, sedangkan untuk mencapai ke Kalate Ndira ini kita harus berkendara ke Desa Sie kira-kira 1 jam perjalanan dari Kota Bima menggunakan motor, setelah sampai kita kembali harus berkendara mengarah ke Dusun 'diha disini kita langsung bisa menikmati keindahan ladang sawah nan subur namun kita juga harus berhati-hati karena jalannya belum diaspal sama sekali alias masih tanah sehingga saat musim hujan seperti sekarang akan sangat menyusahkan, selain licin ban motor kami juga harus sesekali dibersihkan dari tanah yang menempel, sekitar 10 sampai 15 menit dari jalan raya untuk sampai di dusun 'Diha ini, disini kami beristirahat sejenak dirumah warga mengisi kembali tenaga dengan makan makanan ringan sebelum perjalanan kembali dilanjutkan, orang di Dusun ini sangat terbuka dan ramah kepada orang yang baru datang seperti kami ini, kami juga sekaligus meminta ijin kepada tuan rumah untuk numpang parkir motor dihalaman rumahnya, karena perjalanan berikutnya tidak memungkin lagi untuk menggunakan motor! Dari sinilah fisik kita mulai diuji untuk sampai ke Kalate Ndira tersebut, dalam perjalanan pemandangan tertutup oleh semak-semak hanya jalan stapak yang harus kita ikuti untuk sampai dilokasi, hanya 10 menit dari rumah warga dengan medan yang cukup bersahabat sangat cocok buat yang suka tracking digunung.
Saat kita memasuki lokasi sungai ini pemandangan indah langsung menyambut Kita, terdengar dari kejauhan suara gemuruh air membuat rasa letih dan penat sedikit terlupakan.

memasuki spot pertama di lokasi Kalate Ndira.

Disini kita bisa beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan yang jarang kita temui di Kota, dengan air yang jernih serta aliran sungai yang tenang Kita bisa langsung bercebur kedalaman-nya pun masih terbilang aman buat yang belum mahir berenang, pemandangan di spot pertama ini sangat indah, terdapat air terjun yang mengalir dengan tenang dan di bawahnya terbentuk sebuah kolam alami yang dipinggirnya tersusun rapi bebatuan besar serta pepohonan hijau yang menyejukan mata seakan menambah daya tarik lokasi ini, jika kalian berkunjung ke lokasi ini sangat disarankan untuk menjaga kebersihan sisa-sisa makanan sebaiknya dikumpulkan dan dibawa pulang ke luar dari hutan ini, karena keindahan seperti ini tidak akan bertahan lama jika kita tidak menjaganya!

Perjalanan masih berlanjut untuk sampai ke spot berikutnya yakni tempat bercebur sesungguhnya [;P] namun karena kami memulai perjalanan dari bawah sungai maka untuk sampai ke lokasi ke 2 harus melawan arus sungai, tapi tenang walaupun perjalanan kami saat itu terus diguyur hujan tapi aliran air sungai Kalate Ndira ini masih dalam tahap yang aman mungkin karena aliran sungai yang bersumber dari pegungungan sehingga tidak begitu deras, yang menjadi perhatian kami adalah langkah demi langkah saat menapaki bebatuan karena licin, alhamdulillah semua anggota tidak ada yang cedera walaupun sesekali ada yang terpeleset. selama perjalanan kita ga bakalan bosan dengan suguhan pemandangan disini, seperti bebatuannya dengan berbagai ukuran dan bentuk serta tumbuhan yang hidup disekitar membuat seakan kita sedang berada di film Jurasic Park, hehe..tapi sayang selama diperjalanan menuju ke spot 2 kami tidak sempat berfoto karena kendala hujan deras!
Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 15 menit disinilah spot ke 2 itu, hampir sama seperti spot 1 namun disini kita bisa mandi sepuasnya karena kedalamannya yang pas, ditambah lagi dengan adanya batu-batu besar disamping kiri kanan sungai bisa dijadikan tempat untuk melompat.

di lokasi terakhir ini juga terdapat pemandangan yang unik tepat dipinggir sungai ini, pokoknya jika kalian ke tempat ini ingat saja (batu dan pohon), pasti kalian temukan sesuatu. Setelah semuanya mandi saatnya back to home, jangan khawatir untuk jalan pulangnya karena kita tidak harus turun kembali ke tempat pertama, karena tepat di sisi sungai ini juga terdapat jalur yang mengarah ke tempat star dari rumah warga tadi, pokoknya pemandangan disini gak ada habis-habisnya saat pulangpun kita masih disuguhi pemandangan pegunungan khas nusantara yang hijau karena kita berada digunung otomatis perjalanan pulang ini kita terus turun dengan medan tanah kendala cuma becek aja kok!
Nah gimana tertarik untuk mengunjungi kalate ndira ini semoga info yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua! jangan lupa tinggalkan komentar ya...