Sabtu, 18 Agustus 2012

Tips mudik lebaran.

Gak terasa ya sobat Kita sudah akan meninggalkan bulan ramadhan yang penuh berkah ini, tidak lupa a Kita haturkan rasa syukur kepada Allah SWT yang sudah mempertemukan Kita dalam ramadhan tahun ini, mudah2an kita kembali dipertemukan diramadhan berikutnya yaaa…amin, oia sobat pastinya Kita semua sudah tahu ya tradisi tahunan masyarakat Indonesia menjelang hari raya lebaran, tradisi mudik ini hanya ada di Indonesia lho sobat…dimana Kita semua berkumpul kembali ke kampung halaman bersama keluarga tercinta, nah kali ini ada tips bagi kalian yang mudik, mudah-mudahan bermanfaat ya…


Sebelum bermudik ada baiknya Kita memperhatikan hal-hal seperti dibawah ini…

1.     Cek kondisi isi rumah.
Sebelum kita keluar dari rumah, pastikan semua kegiatan yang ada didapur dalam keadaan off,  peralatan masak seperti kompor, rice cooker pastikan dalam keadaan mati, jika kita mudik untuk waktu yang lama tidak ada salahnya juga untuk mematikan kulkas!
Pastikan colokan dan terminal listrik dalam keadaan aman, untuk menghindari konsleting dan kebakaran yang dikarenakan hubungan arus pendek (tetap nyalakan listrik yang berada diluar rumah serta ruang tamu) dan Pastikan semua akses terkunci dengan rapat, seperti jendela dan pintu,

2.     Cek kondisi kendaran
Sebelum kita bermudik sebaiknya jauh hari sebelum bepergian kita sudah mengecek kesiapan kendaraan dan ada baiknya untuk kembali memastikan lagi sebelum kepergian seperti mengecek tekanan ban, bahan bakar dan bawalah peralatan standar seperti dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dll untuk berjaga-jaga.

3.     Cek barang bawaan
Bawalah barang bawaan seperlunya dan Catatlah nomor-nomor penting (darurat) selama perjalanan, seperti nomor telp. Polisi, atau no.posko-posko sekitar jalanan yang dilalui.

4.     Baterai dan pulsa
Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler Anda dalam kondisi penuh, karena selama perjalanan akan sangat berguna saat Kita dalam keadaan darurat!

5.     Kendaraan umum
Jika kita mudik menggunakan angkutan umum hindari menggunakan perhiasan yang mencolok, bawalah barang yang simpel, jangan menyimpan uang pada satu tempat saja sebisa mungkin agar kita menyimpan secara terpisah, hindari orang-orang yang tidak Kita kenal yang menawarkan minuman atau makanan.

6.     Kendaraan pribadi
Jika kita mudik dengan kendaraan pribadi, cek semua kebutuhan berkendara mulai dari kelengkapan surat-surat berkendara, serta perlengkapan keselamatan seperti helm, jaket dll bagi kendaraan roda dua, pilihlah waktu perjalanan saat pagi atau siang hari agar lebih nyaman sebaiknya dilakukan dengan cara berkonvoi dengan sesama pemudik.

7.     Kondisi tubuh
    kondisi badan Kita juga perlu mendapat perhatian, karena selama perjalanan membutuhkan energi yang prima. Pastikan tubuh dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan. Jika Kita sudah mulai mengantuk sebaiknya beristirahatlah sejenak dan sangat diianjurkan agar Kita beristirahat setiap empat jam.

Selamat bermudik ya sobat, semoga SELAMAT SAMPAI TUJUAN.

Related Posts

Tips mudik lebaran.
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

comments

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
7 Juli 2015 09.28

makasih nih tipnya sangat berguna, sebentar lagi pada mudik...

Reply