Minggu, 26 Mei 2013

Air Terjun Kalate Mbaju


Tempat wisata kali ini kita akan jalan-jalan ke sebuah Desa dan mungkin dari Kita tidak banyak yang tahu bahwa di Desa tersebut terdapat air terjun yang menawarkan pesona alam yang indah, Desa Pandai Kecamatan Woha menjadi target Kita kali ini, keunikan lain lokasi air terjun ini juga adalah terdapatnya bongkahan batu-batu besar memberikan nilai tambah bagi keindahan air terjun ini.

lokasi yang terpencil serta medan yang berat mungkin membuat Kita mengurungkan niat untuk pergi, apalagi saat musim hujan medan menjadi 2 x lipat lebih susah untuk dilalui karena becek dan berlumpur namun untuk pemandangan air terjun saat musim penghujan sangat-sangat indah karena debit airnya melimpah tapi sobat harus berhati-hati juga disaat debit air meningkat resiko kecelakaan juga meningkat, sebaiknya Kita berkunjung saat musim hujan telah berakhir ya...

nahh...untuk mencapai Desa Pandai Kec. Woha Kab. Bima kita membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan motor dari Kota Bima, kemudian masuk ke pemukiman warga pandai jalanan disini mulai sempit dan berlobang Kita harus ekstra hati-hati karena banyak anak kecil juga yang bermain dijalanan, dari pemukiman warga kita terus memacu kendaraan hingga masuk ke ladang pertanian disini udah gak ada lagi yang namanya aspal  medan hanya tanah liat, namun akan menjadi masalah ketika kita  melaluinya saat musim hujan. Kurang lebih 20 menit perjalanan terus Kita akan masuk wilayah pegunungan Jati, disini kita bisa beristirahat sejenak sembari mengisi tenaga dengan makan cemilan namun perjuangan masih belum usai untuk sampai ke air terjunnya kita harus mengistirahatkan motor juga kemudian berjalan kaki, tapi jangan salah walaupun perjalanannya mendaki dijamin tidak membosankan kok dan juga jaraknya hanya 20 menit dari parkiran kendaran, pemandangan selama diperjalanan seakan membawa kita kembali ke masa lalu dimana suara mesin dan polusi tidak ada, yang terdengar hanya suara burung dan gemercik air saja.



Langkah demi langkah menapaki bebatuan sambil menikmati pemandangan alam membuat perjalanan tak terasa garing, ditambah lagi dengan suara air yang keluar dari celah bebatuan memberikan efek rileksasi, banyak spot-spot bagus sebelum Kita sampai dilokasi air terjun kalate mbaju dan kalo kita mencermati lagi air terjunnya bersusun seperti tangga karena dari bawah juga banyak air terjun namun tidak setinggi yang paling atas / air terjun utama dan juga karena musim kemarau air sungainya menjadii sedikit yang terlihat hanya bekas jejak airnya saja diantara batu-batu.



Setelah lama berjalan dan akhirnya sampai di Air terjun kalate mbaju, disinilah puncak dari perjalanan Kita, tapi sayang air terjunnya tidak begitu cantik karena kami berkunjung saat musim kemarau jadi airnya sedikit...hehe, tapi diluar itu semua terdapat kepuasan tersendiri karena kami setidaknya telah sampai dengan selamat dan merasakan sejuknya air terjun kalate mbaju di Desa Pandai ini.


kerenkan tempatnya...dihiasi batu batu besar tepat dibawah air terjun membuat air terjun ini beda dari biasanya, warga Desa Pandai juga sangat ramah dan membantu terhadap pengunjung seperti Kami yang sempat sesat diantara luasnya padang sawah, kemudian warga menuntun kami hingga menemukan jalan ke arah lokasi...hehe. sebenarnya air terjun sangat indah pada saat debit airnya melimpah atau musim hujan  seperti gambar dibawah ini, nah bagaimana sobat mudah-mudahan bermanfaat ya infonya...











Related Posts

Air Terjun Kalate Mbaju
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

comments