Liburan ke Pulau Kelapa Bima

Liburan! mendengar kata tersebut semua orang pasti merasa senang ya, karena kita bisa beristirahat dan merefresh kembali pikiran dari pekerjaan atau rutinitas kita sehari-hari yang kadang membosankan. Bagi sebagian besar orang mengisi waktu liburan yaitu dengan beristirahat di rumah bersama keluarga, namun berbeda untuk pecinta jalan-jalan atau bahasa kerennya traveler, hari libur berarti jalan-jalan atau mencari lokasi baru untuk dijelajahi.

Nah kali ini, kita akan berlibur ke ujung timurnya daerah Bima, tepatnya di kecamatan sape kabupaten Bima. Disana terdapat sebuah pulau yang bernama pulau kelapa. Pulau kecil yang berpenghuni ini terkenal akan keindahan landscape perbukitan dan bebatuan karang yang menyerupai gugusan pulau kecil, ini menjadi landmark nya pulau tersebut...hehe

Untuk mencapai pulau kelapa ini kita harus menggunakan perahu boat yang tidak selalu tersedia di pelabuan sape, maka dari itu dianjurkan sehari atau sebelum kalian berencana untuk pergi ke sana, kalian harus janjian dulu sama abang2 boatnya☺sekaligus untuk menego biaya sewa.. :D

Biaya sewa boat adalah salah satu hal yang penting untuk dibicarakan bersama teman-teman dalam trip kali ini karena terbilang tidak murah untuk sebagian orang, pada saat itu kami mengeluarkan budget sekitar Rp.1.500.000  untuk PP 1 malam 2 hari karena kami berkemah disana dan keesokannya bisa ke tempat lain yang sudah dijadwalkan, jadi setelah dari pulau kelapa nanti kita tidak langsung pulang melainkan pergi destinasi selanjutnya tapi nanti kita akan posting terpisah ya.

Kembali ke perjalanan, untuk sampai ke pulau kelapa ini, akan memakan waktu sekitar + 2 jam atau mungkin lebih lama jika gelombang kurang bersahabat, jadi kalau dikalkulasikan dengan waktu perjalanan dari kota Bima menuju sape 1 jam menjadi + 3 jam untuk sampai di pulau kelapa ini kalau semuanya tepat waktu dan berjalan lancar.

Singkat cerita kami sampai dipulau kelapa ini sekitar pukul 4 sore, perjalanan laut berjalan dengan lancar tanpa ada kendala, setelah perahu boat bersandar kita harus berjalan kaki lagi untuk sampai dipuncak pulau kelapa ini dan disanalah tujuan kita untuk bermalam. Waktu yang kita dibutuhkan untuk sampai puncak sekitar 1 jam dengan medan yang menanjak dan berbatu.

Sekitar pukul 5 sore kamipun sampai di puncak, kami beristirahat sambil menikmati sunset. sungguh pengalaman yang luar biasa bisa menikmati sunset diantara hamparan padang rumput serta perbukitan dari ketinggian seperti ini. setelah itu kami lanjutkan dengan mendirikan tenda dan mempersiapkan untuk makan malam. Haripun mulai gelap,matahari perlahan kembali ke peraduannya.

Btw...dipuncak pulau kelapa ini, terdapat beberapa bangunan lho, seperti rumah, bangunan pondok, tong-tong penampung air hujan dan 2 buah menara mercusuar, toiletpun juga tersedia...tidak seperti yang kami bayangkan akan seperti puncak gunung lainnya hanya ada tanah kosong, ternyata pulau kelapa ini berfungsi sebagai mercusuar juga selain untuk lahan pertanian didataran rendahnya. Nanti kalian juga akan bertemu 2 orang pegawai penjaga mercusuar yang tetap stand bye disana, disitulah kita akan melapor bahwa kita akan melakukan kemah diarea kewenangan mereka!

suasana perkemahan saat malam hari

Keunikan dari pulau kelapa ini adalah, kalian bisa menikmati sunset dan  besoknya bisa menikmati sunrise dari puncak dan menurut kami diwaktu pagi harilah yang paling indah, karena dari diarah timur matahari terbit bisa sekaligus menikmati pemandangan gugusan batu karang yang seperti pulau-pulau kecil itu. Momen dipagi hari seperti ini jangan kalian lewatkan begitu saja ya jika kalian menginap, karena selain indah, juga menyehatkan karena udara bersih tanpa polusi ditambah lagi hangatnya sinar mentari...hehe

Nah bagaimana liburan kali ini kerenkan lokasinya? tapi ini belum berakhir lho, karena seperti tulisan diatas nanti setelah dari pulau kelapa ini akan ada lokasi selanjutnya yang gak kalah menariknya! bersambung ke Pantai Tanjung Meriam